Berita Terbaru
Loading...
Sabtu, 29 November 2014

Peluang Usaha Budidaya Ikan Guramih

20.22
Peluang Usaha Budidaya Ikan Guramih
Peluang Usaha ~ Budidaya ikan guramih atau ikan gurame telah menjadi mata pencaharian bagi sekelompok masyarakat di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Ikan gurami seperti yang kita tahu bersama merupakan sejenis ikan tawar yang dalam bahasa latin disebut dengan Osphronemus goramy. Di daerah Asia Selatan dan Asia tenggara, ikan ini sudah lazim dikonsumsi sebagai makanan yang memiliki cita rasa yang lezat. ( Wikiepdia ) 

Peluang Usaha Budidaya Ikan Guramih
bibitgurami.com

Ikan ini memiliki beberapa karakteristik yang khas, diantaranya adalah bentuknya yang pipih dengan corak warna khas yang berwarna merah dan hitam. Memiliki daging yang empuk dan enak disantap saat masih hangat. Ikan ini mampu bertumbuh besar hingga mencapai ukuran setengah meter. Di Indonesia sendiri, ikan ini menjadi salah satu ikan konsumsi yang paling terkenal dan merakyat yang biasa di masak sendiri atau dijual di berbagai restoran atau warung makan. Tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi inilah yang kemudian membuat banyak orang mencoba untuk menjalanan peluang usaha budidaya ikan gurami.
Peluang Usaha Budidaya Ikan Guramih

POTENSI PELUANG USAHA BUDIDAYA IKAN GURAMI


Peluang usaha budidaya ikan gurami hingga sekarang masih dipandang sebagai salah satu peluang bisnis yang paling prospektif. Di daerah saya sendiri, terdapat sentra ikan gurami dan saya lihat hasil yang didapat memang terbilang cukup besar meski seringkali juga beresiko besar dan ini sudah lazim karena bidang yang digarap adalah bidang perikanan yang memang main nyawa. Sehingga tidak seperti halnya dengan jenis perdagangan barang mati, bisnis ini tergantung pula pada faktor lain seperti alam, cuaca, sanitasi air dan serangan hama.

Melihat perkembangan terhadap permintaan ikan pada tahun 2005 sebesar 10.874.734,35 ekor meningkat menjadi 23.094.132,8 ton pada tahun 2014. Permintaan tersebut masih belum dapat dipenuhi secara keseluruhan sehingga membuka peluang bagi siapapun yang ingin membuka usaha di bidang ini.

Kelebihan Dan Kekurangan peluang Usaha Budidaya Gurami


Ada banyak jenis ikan air tawar yang bisa dijadikan komoditi usaha diantaranya adalah lele, patin, mujair dan lain sebagainya. Pada ikan gurami sendiri terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang biasanya menjadi bahan pertimbangan seseorang untuk memilih usaha ini diantaranya.

Kelebihan Usaha Budidaya Ikan Gurami
- Harga relatif stabil dan mahal. Sehingga keuntungan yang di dapat bisa terbilang cukup besar.
- Lebih tahan terhadap penyakit. Tidak seperti ikan lele yang dipelihara di kolam terpal, ikan ini sebenarnya lebih tahan terhadap penyakit.
- Tidak membutuhkan air deras. Ikan gurami tidak membutuhkan aliran deras seperti yang harus kita sediakan pada ikan mujair dan bawal. Ikan ini dapat hidup di air tenang sehingga bagi anda yang kondisi perairan kurang baik, anda bisa menjalankan usaha ini.
- Pakan tidak terlalu memakan biaya besar.
- Tidak memiliki sifat kanibal sehingga tidak ada ancaman ikan saling memakan satu sama lain seperti yang terjadi pada ikan lele dimana ikan yang satu akan memakan ikan yang lain.
- Bisa di jual dengan berbagai bentuk ukuran mulai dari telur, ukuran biji oyong, hingga indukan.

Kekurangan.
- Proses pertumbuhan membutuhakan waktu yang  lebih lama
- Rentan penyakir kulit

Pengelolaan Usaha Budidaya Ikan Gurami


Salah satu keunggulan peluang usaha ini adalah anda bisa menjual gurami dengan berbagai ukuran sehingga anda bisa memulai bisnis ini sesuai dengan modal yang anda miliki. Biasanya awal mulai budidaya ini adalah pada proses pembenihan. Anda bisa menjual telur gurami dalam bentuk ijen ( satuan ) atau dalam bentuk sarang. Selain itu, anda juga bisa memelihara ikan gurami di kolam terpal khususnya di bagian penetasan hingga pembenihan hingga ukuran satu biji oyong. Setelah biji oyong, ikan gurami dapat ditebar di kolam ikan.

penjualan ikan gurami tidak harus menunggu hingga layak konsumsi karena anda juga bisa menjualnya dari berbagai ukuran mulai dari 2 cm, 3 cm, 4 cm hingga sampai ukuran indukan. Beberapa peternak ikan gurami mengaku dapat meraup keuntungan hingga 15 juta dalam 3 bulan dari peluang usaha ikan gurami ini.

Analisa Peluang Usaha Ikan Gurami

Modal Operasional / Tidak Tetap
Bibit gurami   Rp 15000,-   2000 ekor Rp. 3.000.000,-
Pakan   Rp 210.000,-  30 sak Rp. 6.300.000,-
Obat/prebiotik   Rp 300.000,- 1 periode Rp.    400.000,-
Total pengeluaran    Rp. 9.700.000,-

Pemasukan/panen ( Masa pemeliharaan 10 Bulan )
Penjualan Ikan Bobot 1 Kg dengan Angka Kematian 10 % = 90 % x 2000 = 1.800 Kg
Harga Ikan per Kg = Rp. 21.000
Total pendapatan = 1.800 Kg x 21.000 = Rp. 37.800.000,-

Keuntungan : Total Pendapatan - Total pengeluaran tidak tetap
:
Rp. 37.800.000 – 9.700.000 = Rp 28.100.000,-
Keuntungan perbulan = Rp 28.100.000,- / 12 = Rp. 2.300.000,-

Angka ini hasil perhitungan dengan meniadakan biaya pemeliharaan kolam.

Untuk memperbesar keuntungan anda bisa menambah jumlah ikan yang dipelihara. Namun perlu dicatat bahwa anda bisa menjualnya tidak harus dalam bentuk ikan konsumsi. Jika anda ingin menjualnya dalam ukuran kecil juga bisa.

Demikianlah sekilas tentang peluang usaha budidaya ikan gurami yang semoga membuat anda terinspirasi. Dapatkan berita bisnis, ide peluang usaha sampingan di blog kami. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar